Om Suastiastu

" Om Suastiastu "

Kepada Para pembaca dan pengunjung Blog,tulisan dalam Blog ini hanya merupakan salah bentuk Dedikasi saya sebagai Masyarakat yang lahir di Payangan untuk berbagi Info sebatas pengetahuan yang saya ketahui tentang Payangan dan sebagian besar adalah cerita - cerita Penglingsir-penglingsir, yang tidak bijak rasanya bila pengetahuan ini hanya saya simpan dan ketahui seorang diri dan saya harapkan tulisan ini dapat bermanfaat namun apabila ada kekurangan dari isi tulisan dalam Blog ini saya mohon maaf yang sebesar - besarnya itu semata- mata adalah keterbatasan saya .

Om Shanti Shanti Shanti Om

Rabu, 31 Agustus 2011

Era Sebelum Kerajaan Payangan Berdiri


Sebelum kerajaan Payangan menjadi sebuah kerajaan, Daerah Payangan sebelumnya merupakan daerah kekuasaan kerajaan Klungkung namun karena lama ditelantarkan maka akhirnya Payangan dikuasai oleh : I Gusti Pacung Gede yang berasal dari Puri Perian. Kedatangan I Gusti Pacung Gede mendapatkan simpati dari masyarakat Desa Payangan saat itu yang membutuhkan figur seorang pemimpin hingga akhirnya oleh masyarakat Desa Payangan I Gusti Pacung Gede dibuatkan Puri untuk tempat tinggal Beliau beserta keluarganya.
I Gusti Pacung Gede memiliki tiga orang putra
  1. -          I Gusti Ngurah Pacung Oka.
  2. -         I Gusti Ngurah Rai.
  3. -         I Gusti Ngurah Taro.
Setelah I Gusti Pacung Gede Wafat maka Beliau digantikan oleh putra pertamanya I Gusti Ngurah Pacung Oka.
Pada Masa kepemimpinan I Gusti Ngurah  Pacung Oka Beliau banyak melakukan pembangunan untuk kesejahteraan Desa Payangan khususnya dalam bidang pertanian dengan membuka lahan-lahan persawahan baru disebelah timur Desa Payangan dengan memanfaatkan sumber air dari aliran Sungai Wos Ulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar